Tes Disini: Maskulin atau Feminin-kah Pemikiran Anda?


Gue saat ini tengah tergila-gila dengan buku ‘Why Men Don’t Listen and Women Can’t Read Maps’ yang ditulis oleh pasutri Allan dan Barbara Pease.

Buku ini ditulis untuk mengemukakan betapa memang, laki-laki dan perempuan begitu berbeda seakan-akan mereka dari berasal dari kingdom yang berbeda. Perbedaan ini begitu bertolak belakang hingga pasutri Pease berkata “luar biasa sekali laki-laki dan perempuan masih mencoba hidup bersama”. Buku ini tergolong sains-psikologi karena pasutri Pease membahas perbedaan perempuan dan laki-laki dari sudut pandang sejarah, biologis, kimiawi, perilaku, serta psikologi.

ini neh bukunya

Walaupun buku ini tergolong ‘tuwir’ dan beberapa penelitiannya sudah terbantahkan hasil penelitian terbaru—gue sangat mengagumi semangat pasutri Pease untuk mencari informasi hingga ke Rusia. Yup, buku ini memang berisi banyak penelitian para ahli—termasuk penelitian terlarang mengenai ‘homoseksual’.

Nah, pada halaman 86- 96, ada sebuah tes yang bisa menunjukkan betapa kamu sebenarnya bersikap maskulin atau feminin dalam kehidupan sehari-hari. Pasangan Pease pada halaman lain menyatakan bahwa sikap maskulin atau feminin ini sebenarnya paling kuat dipengaruhi oleh hormon testoteron yang kita terima saat masih janin. Hormon inilah yang membentuk otak kita—kemudian mempengaruhi sikap kita dewasa kemudian.

Cobalah tes berikut ini dan ketahuilah sebenarnya anda ini maskulin atau feminin!

Hasil pengujian ini hanya akan menunjukkan sifat kemungkinan dari tingkat hormon jantan (testoteron) yang diterima atau tida diterima otak anda pada usia enam hingga delapan minggu setalh pembuahan.

Lingkari pernyataan yang tepat menurut Anda!

1.    Ketika membaca peta atau penunjuk jalan, anda akan:
a.        Mendapat kesulitan dan sering minta tolong
b.       Memutar peta itu untuk menghadap arah yang anda tuju
c.        Tidak mendapatkan kesulitan membaca peta atau petunjuk jalan

2.    Anda sedang memasak makanan yang rumit, sementara radio anda menyala dan seorang teman menelpon anda. Anda akan:
a.        Membiarkan radio itu menyala dan terus memasak sambil berbicara di telepon
b.       Mematikan radio, berbicara sambil memasak
c.        Mengatakan pada teman anda bahwa anda akan menelponnya selesai memasak.

3.    Teman-teman anda akan datang berkunjung dan menanyakan petunjuk arah menuju rumah baru anda, anda akan:
a.        Menggambar sebuah peta dengan arah yang jelas dan mengirimkannya ke mereka atau meminta seseorang untuk menjelaskan arah
b.       Bertanya patokan apa yang mereka kenal, lalu mencoba untuk menjelaskan kepada mereka jalan menuju rumah anda.
c.        Menjelaskan secara lisan arah menuju rumah anda “ambil jalan m3 ke arah Newcastle, keluar, lalu belok kiri, hingga lampu merah kedua...”

4.    Ketika menjelaskan sebuah gagasan atau konsep apakah anda akan:
a.        Menggunakan sebuah pensil, kertas, dan isyarat bahasa tubuh
b.       Menjelaskan secara lisan dengan menggunakan bahasa tubuh dan isyarat-isyarat
c.        Menjelaskan secara lisan, dengan singkat dan jelas

5.    Ketika pulang dari menonton film hebat, anda lebih suka:
a.        Membayangkan adegan-adegan di film tersebut dalam benak anda
b.       Membicarakan adegan-adegan dan apa yang dibicarakan
c.        Mengutip apa yang dikatakan dalam film tersebut

6.    Dalam sebuah bioskop anda biasanya lebih suka duduk di:
a.        Sebelah kanan
b.       Dimana saja
c.        Sebelah kiri

7.    Seorang teman mempunyai peralatan elektronik yang rusak, anda akan:
a.        Bersimpati, lalu mendiskusikan bagaimana perasaan mereka tentang hal itu
b.       Memberi tahu orang yang dapat dipercaya untuk memperbaikinya
c.        Memikirkan bagaimana cara alat tersebut bekerja dan mencoba memperbaikinya bagi teman anda

8.    Anda sedang berada di suatu tempat asing lalu ada seseorang menanyakan arah Utara kepada anda. Anda akan:
a.        Mengaku bahwa anda tidak tahu
b.       Menerka setelah berpikir sejenak
c.        Menunjuk arah utara tanpa kesulitan

9.    Anda telah menemukan ruang parkir, tetapi terlalu sempit, dan anda harus parkir mundur. Anda akan:
a.        Lebih baik mencari tempat lain
b.       Dengan berhati-hati memarkir mundur mobil anda
c.        Parkir mundur tanpa kesulitan

10.Anda sedang menonton tv ketika telpon berdering. Anda akan:
a.        Menjawab telepon tanpa mematikan tv
b.       Mengecilkan suara tv dan menjawab telepon
c.        Mematikan tv, menyuruh orang lain untuk diam dan menjawab telepon

11.Anda baru saja mendengar sebuah lagu baru yang dinyanyikan oleh penyanyi kesukaan anda. Biasanya anda:
a.        Dapat menyanyikannya setelah itu tanpa kesulitan
b.       Dapat menyanyikan sebgian, jika lagu itu benar-benar mudah
c.        Kesulitan mengingat bunyi lagu itu, tetapi anda ingat beberapa katanya

12.Cara terbaik anda untuk memperkirakan hasil adalah:
a.        Menggunakan intuisi
b.       Membuat keputusan berdasarkan informasi yang ada juga dari ‘firasat’
c.        Menggunakan fakta, statistik, dan data

13.Anda lupa dimana anda meletakkan kunci. Anda akan:
a.        Mengerjakan hal lain hingga anda ingat
b.       Mengerjakan hal lain, sambil terus mengingat dimana anda meletakkannya
c.        Di dalam hati mencoba mengingat kemana saja anda melangkah hingga anda ingat dimana anda meletakkannya

14.Anda sedang berada di sebuah kamar hotel ketika anda mendengar suara sirene di kejauhan. Anda:
a.        Tidak dapat memastikan dari ana arahnya
b.       Dapat memperkirakannya jika anda berkonsentrasi
c.        Dapat menunjuk langsung arah asal suara tersebut

15.Anda pergi ke pertemuan sosial lalu diperkenalkan kepada tujuh atau delapan orang baru. Keesokan harinya anda:
a.        Dapat dengan mudah mengingat wajah mereka lagi
b.       Akan ingat beberapa wajah mereka
c.        Hanya ingat nama-nama mereka

16.Anda ingin pergi ke pedesaan untuk berlibur tetapi pasangan ingin pergi ke tempat peristirahatan di pantai. Untuk meyakinkan bahwa gagasan anda lebih baik, anda akan:
a.        Katakan padanya dengan lembut bagaimana perasaan anda; anda mencintai suasana pedesaan dan anak-anak juga keluarga selalu menyukai pedesaan
b.       Katakan kepada keluarga anda jika mereka pergi ke desa, anda akan sangat berterima kasih dan akan pergi ke pantai lain waktu
c.        Gunakan fakta; peristirahatan di desa lebih dekat, lebih murah, dan kegiatan santai serta olahraganya terorganisasi dengan baik

17.Ketika merencanakan kegiatan harian anda, anda biasanya:
a.        Menulis daftar sehingga anda dapat melihat apa yang harus dikerjakan
b.       Memikiran hal-hal yang harus anda kerjakan
c.        Bayangkan dalam benak anda orang-orang yang akan anda temui, tempat-tempat yang akan anda kunjungi dan hal-hal yang akan anda kerjakan

18.Seorang teman memiliki masalah pribadi dan datang untuk membicarakannya dengan anda. Anda:
a.        Bersimpati dan memahaminya
b.       Mengatakan bahwa masalah itu tidak seberat yang terlihat kemudian menjelaskan mengapa anda berpikir seperti itu
c.        Memberikan saran atau nasihat masuk akal bagaimana mengatasi masalah tersebut

19.Dua orang teman anda yang masing-masing sudah menikah, terlibat skandal perselingkuhan. Kira-kira bagaimana anda mengetahuinya?
a.        Anda dapat melihatnya sejak awal
b.       Anda mengetahuinya setelah berjalan lama
c.        Anda mungkin tidak akan melihatnya

20.Apakah kehidupan itu bagi anda?
a.        Mempunyai teman-teman dan hidup secara selaras dengan orang-orang di sekitar anda
b.       Bersikap ramah kepada orang lain sambil menjaga kemandirian anda sendiri
c.        Mencapai tujuan yang bernilai, mendapatkan penghormatan dari yang lain dan memenangkan harga diri dan keuntungan

21.Jika diberi pilihan, anda akan lebih suka bekerja:
a.        Dalam sebuah regu dengan orang-orang yang dapat diandalkan
b.       Dikelilingi orang lain, namun menjaga kemandirian anda
c.        Sendirian

22.Buku pilihan anda adalah:
a.        Novel dan fiksi
b.       Majalah dan koran
c.        Non-fiksi, otobiografi

23.Ketika anda pergi berbelanja, anda cenderung untuk:
a.        Sering membeli karena keinginan, terutama barang-barang khusus
b.       Mempunyai rencana tetapi mengambil barang di luar rencana juga
c.        Membaca labelnya dan membandingkan harganya

24.Anda lebih suka pergi tidur, bangun dan makan:
a.        Kapanpun anda ingin
b.       Dalam jadwal tertentu, namun anda cukup luwes
c.        Pada waktu yang sama setiap hari

25.Anda telah memulai pekerjaan baru dn bertemu dengan banyak teman dan pegaai baru. Salah satunya menelpon anda ketika anda di rumah. Anda akan:
a.        Dengan mudah dapat mengenali suara mereka
b.       Mengenalinya setelah agak lama
c.        Sulit bagi anda untuk mengenali suaranya

26.Apa yang paling membuat anda marah ketika berdebat dengan seseorang?
a.        Kebisuan mereka atau kurangnya tanggapan mereka
b.       Ketika mereka tidak mengerti maksud anda
c.        Pertanyaan dan komentar mereka yang menantang dan menyelidik

27.Di sekolah bagaimana pendapat anda tentang ujian ejaan dan menulis essay?
a.        Menurut anda keduanya mudah
b.       Biasanya anda merasa biasa-biasa saja dengan yang pertama namun tidak yang kedua
c.        Anda tidak handal dalam kedua bidang tersebut

28.Masalah berdansa atau menari dengan irama jazz, anda :
a.        Dapat ‘merasakan’ musik tersebut begitu anda sudah mempelajari beberapa langkah
b.       Dapat melakukan beberapa gerakan atau tarian, tetapi tidak semuanya
c.        Mendapat kesulitan mengikuti tempo dan iramanya

29.Sebaik apa anda mampu mengenali suara-suara hewan dan menirukannya?
a.        Tidak terlalu baik
b.       Sedang-sedang saja
c.        Sangat baik

30.Pada akhir sebuah hari yang sangat sibuk, anda biasanya lebih senang untuk:
a.        Mengobrol dengan teman atau keluarga tentang hari anda
b.       Menyimak orang lain bicara tentang harinya
c.        Membaca koran, menonton tv, dan tidak bicara

Allan dan Barbara Pease


Tata cara penilaian
Pertama, jumlahkan jawaban a, b, dan c anda, lalu gunakan tabel di bawah ini untuk mendapatkan hasil akhir pengujian anda.

Untuk pria:
Jawaban a bernilai 10
Jawaban b bernilai 5
Jawaban c bernilai -5
Untuk perempuan:
Jawaban a bernilai 15
Jawaban b bernilai 5
Jawaban c bernilai -5

Pada umumnya pria akan memperoleh nilai antara 0-180, pemikiran maskulin biasanya di bawah 150 dan ini menunjukkan bahwa selama usia perkembangan janin, anda mendapatkan testoteron yang banyak.  Sementara perempuan biasanya memperoleh angka diantara 150-300.

Jika seorang pria memperoleh angka diatas 180, semakin besar angkanya, semakin besar pula kemungkinannya sebagai seorang gay (homoseksual). Sementara nilai diantara 150-180 memperlihatkan kesesuaian diantara kedua gender dan biasanya orang tersebut memiliki kedua sifat jender ini.

Selamat mencoba! ^^

12 komentar:

  1. iseng2 gw coba tes nilai gw 80,,(ga ada kerjaan deh gw..wkwkwk)
    cowok bgt dong gw..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ngintip ujungnya kan itu? hahaha

      Delete
  2. wele mending laa...
    ketimbang saye 240 ><

    ReplyDelete
  3. Buset.. nilai gue rendah amat cuman 15...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo anda cowok sih itu pertanda baik. hahaha.

      Delete
  4. Kalo -45 gimanaaaa?

    ReplyDelete
  5. saya cewek tapi hasilnya 90

    ReplyDelete
  6. kalau cewek dan hasilnya 160 gimana?
    feminin atau maskulin pemikirannya ? :)

    ReplyDelete
  7. aduhhh w cowo tpi jwbn w hampir A semuaa D: -__-

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

The Barcenandis

Daisypath Anniversary tickers