9 Jun 2018

Peralatan 'Perang' MPASI #BabyBro


#BabyBro udah enam bulaaan! Saatnya MPASI! Wuhuuu!

Seperti biasa, mamakbro super semangat menyambut moment ini. Tiap hari kerjaannya mantengin review dan artikel supaya tahu kira-kira apa yang dibutuhkan dalam menyiapkan MPASI. Tak lupa, mamak pun nyari tahu informasi sana sini agar tahu anjuran dan peraturan dalam menyiapkan MPASI.

Nah, dari hasil wara-wiri itulah, mamak akhirnya memutuskan untuk membeli beberapa peralatan MPASI ini. Mungkin ini juga bisa berguna untuk buibu lain yang lagi galau butuh apa aja buat MPASI si dedek. Tentu ini tidak perlu dituruti semua, buibu cukup mengambil yang sekiranya dibutuhkan saja.

Berikut daftarnya:


1.     Food processor - Baby Safe 10 in 1 multifunction steamer

sumber gambar disini

Sejak tahu bahwa blender bisa merusak gizi dalam makanan dan tak lagi disarankan untuk memproses MPASI, #MamakBro serta merta galau. Pupus sudah impian beli steamer + blender yang canggih itu. Padahal praktis banget ya. Tinggal masukin bahan, pencet pencet dan taraaaa! Jadi.

Tapi kalau dihadapkan dengan pilihan memberi anak makanan yang nutrisinya maksimal dengan kemudahan memasak, ya tentu mamak memilih nutrisi lah. #MamakBro pun sudah hampir berserah diri dengan slow cooker jadulnya saat membaca review tentang alat dewa ini: Baby Safe Multifunction Steamer 10 in 1!

Alat ini ternyata banyak banget direkomendasikan oleh buibu di dunia maya. Soalnya, selain bentuknya yang kecil, ringan, ringkas dan travel-friendly (iye, ini bisa dibawa-bawa bu, tinggal colok di nursery room, bahkan di kereta), fungsinya juga banyaaak banget. Alat ini bisa menghangatkan susu, menghangatkan makanan, menjaga makanan & susu tetap hangat, merebus telur, memasak sup, memasak berbagai jenis makanan, memasak nasi tim, memasak bubur, memasak daging cincang, dan mensterilkan peralatan si dedek.

Uwownya juga, alat ini memasak dengan mengukus menggunakan uap tinggi, sehingga gizi dan vitamin dalam makanan dedek dijamin maksimal dibandingkan dengan memasak diatas kompor.

Sudah gitu ada pengaturan waktunyaaa. Dan sekalipun misalnya dalam proses memasak itu airnya habis nih ya buibu, mesinnya akan mati secara otomatis. Jadi mamak bisa ngerjain kerjaan rumah tanpa takut makanan #BabyBro gosong atau alatnya kenapa-kenapa. Tinggal pencit pencit.

Gimana nggak jatuh cinta ye kan? Udahlah bikin mamaknya senang, anaknya pun senang! Kissable banget.

2.     Tupperware Tiwi Todz Series

sumber gambar disini

Ini kado dari Oma nya #BabyBro yang juga merangkap juragan Tupperware. Wkwkwk. Ya secara ini Tupperware ye kan, kualitasnya wahid dah. Series ini namanya Tiwi Todz, terdiri dari feeding bowl ukuran 240 ml, hang on spoon sebiji, snack cup ukuran 150 ml, dan sippy cup yang lucu lagi canggih. Tutupnya juga kuat banget. Bikin ini cocok banget untuk menyimpan porsi sore MPASI-nya BabyBro di kulkas. Jadi kualitas makanannya akan tetap baik meski sudah beberapa jam kemudian.

3.     Suction bowl – Nuby

sumber gambar disini

Oleh karena #BabyBro ini anaknya semacam samson, kuat banget dan senang ngelempar barang, mamak worry doi akan memberi makan lantai alih-alih dirinya setiap kali sesi makan. Maka mamak beli inilah: suction bowl nya Nuby, setelah nonton review-review di youtube. Harapan mamak sih mangkuk ini akan membantu mamak untuk tetap tegar di hadapan #BabyBro.

Bentuknya juga lucu banget: dilengkapi pegangan, tutup, sendok serta tempat sendok khususnya. Jadi nggak perlu takut akan higienitas sendoknya kalau mangkok ini dibawa-bawa. Sendoknya tinggal diselipin lalu dikilik-kilik.

Suctionnya juga kuat, sesuai yang di youtube lah. Pada bayi normal yang ada di youtube, suction bowl ini menunjukkan keperkasaannya. Mau ditarik, didorong, diubek-ubek, dia tetap berdiri perkasa tak tergugat. Itu para bayi sampe gemes sama mangkoknya.

Tapi ternyata mamak meremehkan #BabyBro si samson. Dia membuktikan diri bahwa bukan hanya kaleng makanan yang bisa dia penyokkan. Suction bowl Nuby inipun terpaksa bertekuk lutut di hadapan kekuatannya. Tak butuh waktu lama, mangkok inipun bisa dia lepas dengan mudah.

*sigh*

Untungnya bowl nya lucu. Jadi hati mamak ga perih-perih amatlah.


4.     Alat pembersih

Mengikuti saran WHO, maka mamak membeli peralatan cuci piring dan rak piring khusus buat peralatan #BabyBro. Kenapa nggak dicampur? Ya secara kalau orang dewasa kan makannya barbar ya. Sementara bayi ini masih sensitip banget perutnya, jadi harus dijaga extra. Alhasil semuanya dibedakan, termasuk sabun cuci piring khusus bayik ini, sponge hingga tempat sabunnya.

...semoga mamak ga khilaf ya waktu lagi bersihin piringnya...


5.     Nibbler - Nuby Garden Fresh

sumber gambar disini

Nibbler ini adalah satu item per-MPASI-an yang sudah mamak incar sejak duluu. Fungsi nibbler ini sebagai alat pembantu saat anak bayik baru belajar makan finger foods (buah atau sayur yang dipotong seukuran genggaman bayik) saat mulai semi-BLW (Baby led weaning). Jadi nibbler ini bisa diisi dengan potongan buah/sayur atau makanan segar maupun beku, lalu bayi menghisap sari makanannya lewat jaring lembut yang ada. Jadi nibbler ini bisa mencegah bayi memakan potongan yang rawan membuat ia tersedak.

Bentuk nibbler ini juga menyerupai loop sehingga lebih mudah dipegang oleh bayi. Mamakpun juga bisa menambahkan tali teether sehingga lebih gampang dan higienis kalau dibawa kemana-mana. Lebih berfaedah bukan?

Mamak beli ini sebagai alat bantu saat #BabyBro nanti beralih ke semi-BLW saat 10 bulan nanti. Soalnya mamak agak trauma sama insiden tersedak, jadi untuk sementara waktu sampai mamak yakin #BabyBro udah jago ngunyah, nibbler ini akan membantu #BabyBro. Kalau para mamak yakin bayinya bisa BLW tanpa tersedak sih mungkin nibbler ini nggak diperlukan, ya.


6.     Sendok pengecek suhu - Tommee Tippee Heat Sensing Spoon

sumber gambar disini

Sesuai namanya, sendok merah unyu-unyu ini bisa berubah menjadi kuning saat mendeteksi suhu makanan yang terlalu panas untuk bayi. Emezing, bukan? Selain itu sendok ini juga bisa disterilisasi dengan cara di-steam, direbus, dsb. Bisa masuk microwave juga. Ujung sendoknya lembuuut, aman untuk gusi bayi. Sendoknya panjang dengan pegangan yang gendut, jadi cocok juga untuk BLW. Tentunya, plastiknya juga sudah BPA Freee~e, aman digunakan sejak usia 4 bulan (lah kok 4 bulan? Ternyata karena di eropa MPASI itu dari 4 bulan).

Kenapa mamak beli ini?

Bukankah lebih afdol ibunya yang icip icip tempel makanan di bibir untuk cek suhu?

Ya soalnya sama seperti anaknya yang samson, #MamakBro ini manusia yang lidahnya kebal sama panas, hampir sama lah kayak kebalnya Lucinta Luna sama omongan hatersnya.

Mr. Syuami aja bolak-balik ngomel karena disajikan ‘teh mendidih’. Padahal bagi mamak itu udah dingin. Ya secara mamak sukanya nyeruput teh yang baru banget mendidih-didih kan. Nah, daripada ada insiden mamak ngasih anak bayi makanan pembakar-lidah, maka mamak beli sendok pendeteksi panas ini. Demi keselamatan lidah anak sendiri. Bukan demi kegatelan mamak kok.

Suwer.


7.     Botol bersendok – Nuby Squeeze feeder

sumber gambar disini

Sehubungan dengan BabyBro itu anaknya super aktif, sementara mamak single fighter di rumah, pun kalau pergi-pergi juga sering berdua aja, maka mamak butuh alat makan untuk bepergian yang anti-berantakan plus gampang digunakan. Botol bersendok ini adalah jawabannyah!

Jreng-jreng!

Desainnya memungkinkan mamak menyuapi BabyBro dengan satu tangan: cukup tekan botol lembutnya dengan sepenuh hati, maka makanan akan mengalir ke sendok dengan perlahan. Tanpa drama megang mangkok, tanpa drama kocok-kocok, tanpa drama takut tumpe: tangan mamak satunya pun bisa ngegendong dan satunya nyuapin. Mejik!

Dalam satu paket, ada dua jenis sendok dengan lubang yang besar dan lubang yang kecil. Jadi kalau makanannya puree bisa pakai yang kecil, kalau sudah naik tekstur pakai yang besar. Botolnya lembut, dibuat dari medical-grade silicone. Ada spoon cover juga jadi aman kalau dibawa dalam tas. Tapi kapasitasnya 90 ml, jadi nggak terlalu ngenyangin buat bayi yang makan 250 ml sekali makan.

Katanya sih bisa buat ASIP / Sufor juga, buibu. Emezing, kan?


8.     Parutan

Ini mah parutan biasa, mamak belinya di sup*rindo. Fungsinya ya untuk memarut segala rupa: dari daging, ayam, sayur mayur hingga keju. Sengaja pilih yang pegangannya panjang, soalnya mamak sukanya yang panjang-panjang, kan lebih enak megangnya. #Eh


9.     Celemek / Slaber / Bib - Baby Safe Foldable Bib

sumber gambar disini

Bib atau celemek makan ini fungsinya ya melindungi dedek dari berlumur makanan. Ya, walaupun awal MPASI anak yang bermandikan makanan itu niscaya hukumnya. Tapi kalau pergi-pergi yakali kan anak hamba mandi puree di tengah umat? Jadilah mamak beli ini, foldable bib dari Baby Safe.

Bedanya dari celemek bayi biasa? Bib yang emezing ini terbuat thermoplastic rubber mak. Jadi bahannya plastik tapi aman, lembut dan fleksibel. Bukan plastik kresek-kresek itu yah. Nah, kalau bib biasa dari kain akan kotor dan perlu dicuci seksama setelah dipakai, bib ini lebih gampang dibersihkan dan lebih cepat kering tentunya. Kalau pergi-pergi, tinggal dibasuh di wastafel, dikeringkan dengan tissue, lalu voila, lipat dan simpan di tas. Praktis banget kan?

Tali pengatur lubang Bib ini juga banyak, jadi lubangnya bisa gede, bahkan muat aja tuh dipake PapahBro (iya, dia iseng banget nyobain). Jadi jangan takut kalau leher si dedek genduy, inshaa Allah masih muat.

Tapi fungsi yang paling mamak suka ya kantong di bawahnya itu loh buibu. Ini bisa digunakan untuk mencegah serpihan makanan dan lelehan puree jatuh ke pangkuan bayi. Jadi lebih gampang bersihinnya kan?

Kan?

Semoga.


10.Sikat botol

Ya, sikat. Buat nyikat. Demikian.


11.Disposal bibs – Babiyo

sumber gambar disini

Ini dapet sebagai kado dari kakak kedua. Bahannya enaaak, praktis banget kalau pakai tas kecil yang nggak memungkinkan bawa si bib-plastik. Soalnya ini tipis dan seperti namanya, kalau habis dipakai ya tinggal bye-bye. Ini bisa jadi cadangan kalau bib awalnya udah penuh atau kenapa-kenapa. Mejik!


12.Sikat gigi - Nuby Nana Nubs Massager

sumber gambar disini

Ini lucu bangeeeet! Mamak udah lama jatuh cinta pas lagi milih-milih sikat gigi buat bayi. Apalagi bayi yang baru mulai makan dan lagi tumbuh gigi, kudu dijaga bener itu kesehatan mulutnya kan. Oleh sebab itulah mamak beli ini: gigitan bentuk pisang dengan sikat super lembut di bagian ujungnya.

Untuk BabyBro yang tengah berjuang dengan ketidaknyamanan akibat geligi yang baru tumbuh, Nubs Massager ini berguna banget deh. Sikat lembutnya bukan hanya memastikan bagian mulut bersih, namun juga bisa membantu gusi yang gatal itu serasa dipijat. Selain itu, buibu juga bisa menyimpan ini di lemari es (bukan freezer ya) untuk membantu gusi bayi yang tengah bengkak. Sensasi dinginnya saat digigit pasti disukai si dedek deh.

Messager ini dibuat dari 100% silicone dan BPA Free tentunya. Selain itu juga sudah bisa digunakan sejak usia 3 bulan keatas loh buibu!


13.Cup feeder - Baby Safe & Pigeon

Another kado. Suka banget deh sama sippy cup dari dua merk ini. Kalau sippy cup pigeon itu bahannya silicone kenyal seperti dot, nah sippy cup baby safe ini bahannya lebih keras tapi tetap lembuuuut kayak perlakuan cowok yang baru mulai pedekate.

Mamak tinggal nyoba deh nanti si anak bayik samson mau pakai yang mana.


14.Sauce pan – Maxim

Sauce pan ini buat numis dan goreng makanan #BabyBro nanti. Soalnya kalau pakai panci yang di rumah kan rada gede ya, sementara doi kan porsinya kecil. Cuma 125 ml, cuy. Jadi supaya ga mubazir, mamak beli sauce pan.

Pun kalau udah nggak MPASI, ini bisa buat masak sauce atau deep fry kan. Kan? Kan?

Iyain aja ude.


15.Talenan

Kalau yang ini penting. Udah tau kan kalau talenan itu salah satu sumber bakteri terbanyak di dapur? Nah, sesuai saran WHO untuk memisahkan peralatan bayi dari dewasa, mamak memutuskan beli talenan sendiri buat BabyBro. Jadi talenan ini akan dapat perhatian khusus saat dibersihkan.


16.Sendok takaran

Mamak udah lama mau beli ini, butuh juga buat masak sehari-hari kan. Nah untuk membuat MPASI, takaran air kaldu atau ASIP itu penting untuk mengatur kekentalan. Jadi mamak beli ini supaya mempermudah mamak dalam menakar perpaduan bahan masakan dan takaran air kaldu / ASIPnya.


17.Peralatan piring

Ini another kado again lah. Secara mamak dapat 7 set piring. Ulala. Jadi ini perpaduan dari beberapa merk, hasil mamak milih-milih yang bentuknya lucu dan bagus.


18.Saringan kawat, parutan dan alat memeras buah – lupa merk nya

Kado. Again. Mamak lupa merk apa, tapi ini udah lengkap banget nget nget sepaket gini. Saringan kawatnya juga kokoh, juga dilengkapi mangkok dibawahnya, jadi bisa untuk menampung makanan yang selesai disaring atau diparut. Ulala banget kan?


19.High chair

sumber gambar disini

Bagi mamak yang mau pakai metode BLW atau semi-BLW kayak mamak, punya high chair ini wajib deh hukumnya. Soalnya resiko anak tersedak dapat dikurangi dengan duduk tegak di High Chair. Proses makan juga lebih higienis karena makanan yang terjangkau dedek paling ya yang berantakan diatas meja high chair, bukan bertebar di lantai. Mamakpun bisa lebih mudah membersihkan sisa ‘medan perang’, cukup angkat mejanya aja, lalu bilas.

Pun jika tak mau BLW, penggunaan high chair saat makan memiliki manfaat lainnya. Dengan memakai high chair, kita bisa mengajarkan anak bahwa kalau makan itu DUDUK, di meja, bareng makannya. Bukan petantang petenteng, lari-lari keliling komplek atau godain anak bayik tetangga, bukan.

Tapi memang harganya mehooong buibu. Kalau high chair yang bangsa bisa dilipat, punya bantalan dan sandaran kaki, terus canggih dsb dsb dsb itu harganya bisa sejuti. Widiw banget kan? Akhirnya mamak nyontek saran temen buat beli high chair informa yang harganya 200 sekian ini, terus pesan bantal kursi bayi-nya IKEA via shoopee. Jadi total belanjanya gak nyampai 400 lah. Irits bukans?

Tapi seandainya pun tak merasa butuh punya high chair, buibu juga bisa memangku atau mendudukkan dedek dengan menaruh bantal di sekelilingnya. Tapi ya itu, siap-siap nyuci setiap saat.


20.Peralatan Lainnya Yang Nggak Begitu Wajib Sebenarnya Tapi Sebut Aja Udeh

Plastik atau ice tray buat kaldu. Ini penting sih sebenarnya. Tapi bisa diganti kok dengan tempat penyimpanan lainnya selama memungkinkan buibu ngambil kaldunya sesuai kebutuhan sekali masak. Soalnya kalau terlalu sering dicairkan dan dibekukan, takut merusak kualitas kaldu kan.

Rak piring dengan tutup. Ya supaya peralatan makan dedek terpisah dengan peralatan makan dewasa. Tutup juga berfungsi agar peralatan makan tetap higienis.

Pisau kecil dengan tutup. Buat tawuran? Bukaaaan. Ini bisa dibawa kemana-mana jadi kalau mau motong atau ngupas buah buat dedek saat traveling bisa lebih mudah.

Food container. Bayi itu porsi makannya sedikit, sementara menunya beragam. Apalagi di bulan pertama menunya harus ganti-ganti sebagai upaya mengenalkan cita rasa makanan. Sayang kan kalau beli melon segede gaban terus dipakai hanya seuprit? Atau beli labu siam atau brokoli lalu sisanya layu? Nah food container ini bisa membantu untuk menyimpan sayuran yang sudah diblansir maupun buah yang sudah dipotong. Lebih hemat dan higienis.

Ulekan. Bagi buibu yang juga anti-blender, ini lebih disarankan ya. Jadi kalau mau menghaluskan makanan dengan cepat, bisa pakai ulekan. Jadi nggak lama-lama amat masaknya. Keburu dedek ngamuk dan jadi Hulk sakin lapernya.

Mangkok dari stainless. Ini buat nyuci bahan makanan. Butuh dua, satu buat sayuran dan satu buat lauk. Jangan digabung kalau mau nyuci dua jenis makanan ini ya, soalnya takut kontaminasi bakteri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daisypath Anniversary tickers