27 Jul 2014

Mashed Potato dan Chicken with Creamy Mushroom Sauce


Hayho, Readers!

Setelah kemarin masak Mashed Potato dan Thai Chicken Stew, bahan-bahan yang ada masih sisa banyak. Dan karena saya nggak punya kulkas (sedih deh, kapan ya bisa beli kulkas mini gitu), tentu ya harus cepat-cepat dimasak sebelum bahannya jadi gak enak.

Nah, masalahnya untuk makanan sahur ini kan kita harus milih-milih. Ga boleh yang terlalu banyak bawang, pedas, atau asam karena bisa ganggu ibadah puasa. Maka saya bingunglah mau bikin apa.

Lalu saya putuskan bikin Mashed Potato lagi untuk sahur. Maklum lagi ngurangin nasi putih biar badan kembali berbentuk. Lagipula kentang kan bikin kenyang lebih lama. Terus Mashed Potatonya disandingkan sama apa yang enak dan juga bervitamin?


Akhirnya ide muncul saat saya melihat sisa susu Low-Fat Full Cream yang digunakan sedikit untuk Mashed Potato tadi. Saya pernah baca resep tentang saus mushroom creamy yang biasanya sih disandingkan dengan Steak. Tapi karena saya punya-nya ayam, alhasil yang saya buat akhirnya adalah CHICKEN WITH CREAMY MUSHROOM SAUCE. Ulala!

Yang belum pernah nyoba pasti sangsi. Masa ayam kuahnya susu? Saya-pun tadinya gitu. Apalagi kemudian kan dikasih kaldu ayam, merica, dst? Emangnya enak? Namun setelah jadi, ternyata rasanya sama aja kayak sup biasa, tapi lebih gurih! Ya kayak pakai santan ajalah, hanya saja yang ini lembut, gurih, dan nggak getir serta bikin eneg.

Begitu jadi, ini masakan paling oke yang pernah saya buat. Seneng banget sama tekstur, rasa, dan aromanya. Belum lagi kandungan gizi-nya pasti juara, karena selain susu, ada berbagai sayuran lain yang sama masukkan termasuk brokoli dan kentang.



Adapun cara bikinnya super-mudah, kayak bikin sup aja tapi airnya diganti susu. Bahannya:
  1. Susu Full Cream. Kalau lagi diet kayak saya sih pilih yang low-fat ya!
  2. Ayam. Bagian dada, digoreng atau direbus dulu sebentar biar ga amis.
  3. Jamur. Harusnya sih si jamur champignon itu. tapi karena ga ada tadi bikinnya pakai jamur tiram aja.
  4. Brokoli. Bagian batangnya jangan ya!
  5. Wortel. Dipotong dadu-dadu atau bintang-bintang kecil biar lucu.
  6. Cabe hijau besar. Dikit aja, jangan banyak-banyak nanti pedes.
  7. Bawang putih. Dikit aja, terus digeprek.
  8. Jahe sedikit kalau mau.


Cara buatnya:
  1. Tuang susu ke panci, masukkan ayam, lalu tambahkan jahe dan bawang putih. Hati-hati apinya jangan besar-besar karena nanti busa susunya bisa tumpe-tumpe.
  2. Tambahkan bumbu suka-suka semacam kaldu ayam, garam, merica, dan lada.
  3. Masukkan wortel dan jamur, aduk-aduk.
  4. Setelah wortel agak lunak, masukkan cabe hijau besar dan brokoli.
  5. Sudah deh, jadi. Sajikan bersama mashed potato tadi!


Gampang banget kan? Masaknya juga cepet banget, hanya sekitar 15 menit-an. Buat anak-anak sebenarnya juga pas, asal jangan masukan cabe aja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daisypath Anniversary tickers